Judul/Bab : HUBUNGAN ANTARA UI DAN GRAFIK SCENE (Tulisan bab 7)
Nama : Agus Cahyono
NPM : 50414497
Kelas : 3IA21
Mata Kuliah : PTG #
Nama Dosen : Syefani
rachma deski
Dalam UI terdapat bebrapa elemen diantaranya:
1. Diegetic
1. Diegetic
Elemen user interface yang diegetik ada
dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar
dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic.
Elemen UI diegetik yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan
pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih
mendalam dan terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan
elemen diegetic adalah Assassin’s Creed. Assassin’s Creed berhasil
menggunakan banyak pola diegetic meskipun itu diatur dalam dunia sejarah
karena pemain pemain menggunakan sistem virtual reality di masa depan.
Jadi cerita sebenarnya futuristik daripada sejarah
2. Meta
Gambaran yang bisa muncul dalam dunia
game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh
yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan
darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Grand Theft Auto 4
Berinteraksi dengan telepon di Grand Theft Auto 4 adalah contoh
menarik. Ini meniru interaksi dunia nyata – Anda mendengar dering
telepon dan ada penundaan sebelum karakter dan pemain menjawabnya.
Elemen UI sebenarnya itu sendiri muncul pada pesawat hub 2D, jadi itu
benar-benar elemen Meta, meskipun awal interaksi yang diegetik.
3. Spatial
Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
4. Non-Diegetic
Antarmuka yang diberikan di luar dunia
game, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata desain
interface ini semuanya mengunakan visual heads-up display (HUD). semua
menjadi sangat nyaman dengan penggunaan heads-up display (HUD) dalam
permainan. Sistem ini memberikan informasi penting dengan cara yang
cukup sederhana. Jika dilakukan dengan benar pemain bahkan tidak tahu
itu ada. Mass Effect 3 menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk
menginformasikan pemain senjata karakter dipilih dan kekuasaan – antara
lain. Mengingat pengaturan futuristik itu saya tidak bisa membantu untuk
berpikir jika beberapa informasi ini bisa telah terintegrasi ke dalam
dunia game, narasi, atau bahkan keduanya.
Selain UI terdapat pula Grafik Scene, dalam Grafik Scene ini memiliki 2 elemen yaitu:
1. Visibility
2. Level of Detail : biasanya digunakan untuk mengatur material yang akan diaplikasikan
KESIMPULAN :
User Interface dan Grafik Scene merupakan komponen yang saling berhubungan dan terkait satu sama lain, yang menghasilkan sebuah game menjadi sangat berkualitas dengan tatanan dari User Interface yang apik dan kemampuan dari Garfik Scene yang canggih.
Sumber : http://catatankinkin.blogspot.co.id/2016/05/user-interface-dan-penampilan-grafik-scene-pada-komputer.html
0 komentar:
Posting Komentar