Judul : Pemodelan
Grafis untuk Game
Nama : Agus Cahyono
NPM : 50414497
Kelas : 3IA21
Matkul : Desain Pemodelan Grafik
Dosen : Syefani Rahma Deski
PEMODELAN GRAFIS untuk GAME
- Game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan / misalnya skor yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
- Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan.
- Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Hubungan atara ke tiga materi di
atas yaitu, jadi game merupakan sebuah permainan yang mana di dalam nya kita
bermain untuk mencapai highscore, dan animasi itu dibutuhkan dalam membuat game
karena game itu sendiri merupakan animasi. dan untuk virtual reality itu
berfungsi untuk membantu bagi gamers mengapa membantu? karena bagi gamers main
di depan komputer saja masih kurang, jadi di buat nya virtual reality berfungsi
untuk merealisasikan apa yang kita mainkan dari bentuk virtual(tidak nampak)
menjadi nampak seperti aslinya.
PEMBUATAN DESAIN GRAFIS pada GAME
Dalam pembuatan desain grafis dalam
pembentukan sebuah game kita membutuhkan software yaitu salah satunya adalah
BLENDER, Blender merupakan aplikasi pemodelan komplit dan komprehensif untuk
menciptakan, mengubah dan mengedit model 3D dengan mudah. Transformasi model
menjadi karakter yang menakjubkan menjadi lebih mudah dari sebelumnya dengan
menggunakan Blender.
PEMBUATAN KARAKTER
Pembuatan karakter seperti gerak
tubuh, mimik wajah dll kita dapat membuat nya di salam software yang sudah di
ceritakan di atas, di dalam BLENDER itu sendiri kita dapat membuat suatu
karakter yang seperti kita inginkan, dalam pembentukan geraktubuh kita hanya
perlu proses rigging atau pemberian tulang di setiap sisi tuuh karakter agar
bisa bergerak aktif.
PEMBUATAN MAPS/LINGKUNGAN dalam GAME
Kali ini saya bahas lebih spesifik
saja, pastinya tahu game counter strike? game berbasis strategy dan war,
apabila kita ingin membuat sebuah maps yang seperti kita ingin kan ikuti cara
di bawah ini :
1. Buka alamat :http://www.worldcraft-online.com/
2. Pilih option yang paling bawah
(kalau tidak Level 3 + 3D, pasti Level 4)
3. Setelah diklik, maka akan ada
membuka window baru. Dan akan muncul tampilan seperti ini
4. Di tampilan atas, ada map parameters untuk menentukan bagian-bagian utama dalam map. Save, bisa berupa notepad (file). Load bisa load map yang sudah disarankan (load random map) , load file (dari notepad).
5. Di tampilan bawah, ada weapon
(untuk menaruh senjata), crate (menaruh box), object
(menaruh object khusus), texture (untuk buat tembok) dan mini chat box
(bisa chattingan)
6. Buat map nya sendiri (lihat
tutorial di youtube).
7. Setelah sudah jadi, klik
compiler di panel atas dan klik DOWNLOAD . Setelah itu, pindahkan file
downloadnya ke : Code:/Counter-Strike-1.6/cstrike/maps
PENJELASAN PENGGABUNGAN KARAKTER dan
ANIMASI MENJADI 3D dan 4D
Dalam sebuah game karakter itu
merupakan animasi yang telah kita buat sebelum membuat game itu sendiri. jadi
kita bisa jelaskan game 3D dan 4D itu hanyalah berbeda sedikit dimana 3D itu
kita harus menggunakan kacamata 3D pada hasilnya kita akan merasakan game itu
seperti real atau keluar dari monitor. kalau 4D itu memiliki efek efek yang
lebih seperti getaran getaran dan efek-efek nyata yang di hasilkan
nantinya.
SUMBER:
0 komentar:
Posting Komentar