Judul/Bab : Tugas 1
Nama : Agus Cahyono
NPM :50414497
Kelas
: 3IA21
Mata Kuliah :
Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen :
Syefani Rahma Deski
PENDAHULUAN
Konsep Game
Konsep
game adalah ide awal dalam pembuatan game. Jika kita ingin membuat segala sesuatu,
tentu saja kita harus memikirkan tujuan dari apa yang kita buat, alur cerita,
ataupun lainnya. Jika kita tidak memiliki konsep, pasti apa yang kita buat
tidak akan jadi. Terutama dalam pembuatan game. Dalam pembuatan game, kita
harus memikirkan genre apa yang akan kita buat untuk game kita ini, tokohnya,
ataupun latar nya.
Pengertian Game
Game
adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan
berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan
sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Bermain game merupakan salah satu
sarana pembelajaran.
Jenis – Jenis Game
Pada zaman
sekarang, seiringnya perkembangan teknologi, semakin banyak pula jenis jenis
game yang bias kita mainkan, diantaranya :
a.PC Games
PC games adalah sebuah permainan yang dimainkan di computer
ataupun laptop.
b.Console Games
Console games adalah jenis permainan yang kita kenal sebagai
Play station 1 – 4, X-BOX 360, pada zaman dahulu kita mengenal SEGA, dan masih
banyak lagi yang lainnya
c.Handheld
Games
Handheld Games adalah sebuah permainan yang dimainkan pada
perangkat kecil, seperti Nintendo DS dan PSP
d.Mobile Games
Dan yang terakhir yaitu mobile games. Menurut saya ini
adalah salah satu jenis game yang paling favorit pada zaman sekarang ini.
Karena permainan di handphone bisa kita dapatkan secara gratis, game nya yang
seru, dan kita tidak perlu lagi membawa perangkat tambahan hanya karena ingin
bermain game.
Teknologi Game
Bisnis Dalam Game Komputer
Pada zaman
yang canggih seperti sekarang ini, video dan komputer game telah menjadi bentuk
yang paling dominan hiburan bagi kaum muda Amerika. Tidak butuh perusahaan
seperti Leap Frog lama untuk memahami bahwa permainan pendidikan akan menjadi
gelombang masa depan bagi anak-anak untuk belajar dasar-dasar dengan
edutainment ini lahir. game sekarang digunakan sebagai alat pendidikan untuk
anak-anak dan orang dewasa. Penulis buku laris Robert Kiyosaki Rich Dad Poor
Dad ketenaran menggunakan papan permainan, game komputer dan bahkan bekerja
pada permainan berdasarkan multiplayer Web untuk mengajarkan pendidikan
keuangan.
Lain
halnya di negara Jerman, setiap orang ketiga yang berusia di atas sepuluh tahun
bermain dengan game komputer digital dan di hampir setengah rumah keluarga yang
memiliki anak terdapat perangkat elektronik untuk itu. Perangkat lunak games
yang dibutuhkan menyediakan pekerjaan kreatif untuk sekitar 10 ribu pengembang
game. Perputaran bisnis tahun lalu mencapai hampir 2 milyar Euro.
3D Engine
Di dalam
grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data
geometri tiga dimensi. Grafik 3D ini tersimpan didalam komputer untuk keperluan
kalkulasi atau rendering gambar 3D. Pada 3D, engine bukanlah exutable program,
artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri.
3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan
dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti
biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk
2D/3D grafis. dukungan Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API
terpisah, yakni Java3D. Java3D merupakan API 3D berbasis scene graph di
platform Java, dimana scene graph merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki
data scene.
Scene Graph
scene
graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan g rafik yang
mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari
root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri
untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap
fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu:
a) Menciptakan
objek Canvas3D
b) Menciptakan sebuah scene graph
c) Menghubungkan
objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph
OGRE 3d
Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah
sebuah adegan yang berorientasi, fleksibel mesin render 3D (sebagai lawan dari
mesin permainan) ditulis dalam C + + dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan
intuitif bagi developer untuk menghasilkan aplikasi dengan menggunakan
hardware-accelerated grafis 3D. ORGE (Object Oriented Graphics Rendering Engine)
ialah engine yang object oriented dan fleksibel 3D rendering pada game engine
yang ditulis dalam bahasa C++ serta di desain untuk mampu men-development
dengan intuitif dan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility
hardware-accelerated 3D graphics.
Processing
Processing dibuat dengan tujuan untuk mempermudah
pemrograman grafis yang bersifat interaktif. Processing adalah software yang
sangat cocok digunakan untuk membuat gambar, animasi dan interaksi. Tujuan
lainnya saat awal software ini diinisiasi adalah bagaimana membuat bahasa
pemrograman untuk pengajaran di bidang seni dan desain kepada para siswa di
bidang pemrograman grafis. Ide pembuatan Processing diawali sejak tahun 2001.
Para pendiri Processing berusaha mencari cara yang lebih baik dalam pembuatan
skrip program yang saat itu cukup rumit jika direalisasikan dengan Bahasa
Pemrograman C++. Processing lebih fokus pada grafis dan interaksi ketimbang
pada struktur data.
Game Maker
Game Maker adalah sebuah game engine yang bisa membantu anda
membuat sebuah game komputer tanpa menggunakan codingan yang banyak dengan
bahasa programan. Dengan game maker anda dapat membuat game 2D, 3D atau
multiplayer, dan anda juga mempunyai hak penuh terhadap game yang anda buat.
Unity 3D
Unity 3D
adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan
untuk membuat sebuah game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel
pintar android, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX. Unity adalah sebuah sebuah tool
yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi.
Sumber :
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/457/jbptunikompp-gdl-prasetyoad-22806-6-unikom_p-i.pdf
/
http://www.pricebook.co.id/article/review/2016/01/26/3593/ada-4-jenis-dan-11-genre-game-yang-mana-favorit-kamu
http://www.duniakomputers.com/2016/03/bisnis-game-komputer.html?m=1
http://www.dw.com/id/distribusi-internet-majukan-bisnis-game-komputer/a-15324142
https://dinyfr.blogspot.co.id/2013/10/3d-engine-dan-scene-graph_20.html?m=1
https://rejekidr.wordpress.com/tag/pengertian-ogre/
https://tutorkeren.com/artikel/tutorial-lengkap-pemrograman-processing.htm
http://imyudha.blogspot.co.id/2013/05/game-maker.html
http://blog-habibie.blogspot.co.id/2012/04/unity3d-cross-platform-game-engine.html
0 komentar:
Posting Komentar