Pengaruh Terhadap Perkembangan Grafis
Nama : Agus Cahyono
NPM : 50414497
Kelas : 3IA21
Mata Kuliah : Desain Pemodelan
Grafik
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Tugas ke : 2
Design grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni
desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi,
pengolahan gambar, danpage layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan
ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan
komunikatif.
·
Sejarah Desain Grafis
Desain grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan
sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Pada tahun
1447, Johannes Gutenberg menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan
dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman,
untuk menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang
memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi
bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa.
Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di
sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis
oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika lalu pada buku
Raffe's Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku
pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya. The signage in
the London Underground adalah contoh desain klasik pada abad modern yang
menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916.
·
The Advent of Printing
Teknik cetak mencetak sebenarnya telah dilakukan secara
konvensional di Cina pada abad ke-14. Inovasi yang dilakukan masyarakat Cina
untuk menciptakan tinta dan block printing sangat berpengaruh besar terhadap
tradisi tulisan. Namun, perkembangan di Cina tak sedahsyat perkembangan yang
terjadi di kawasan Eropa. Hal ini diindasikan lantaran tulisan alfabet Cina
memiliki ribuan spesific ideogram sehingga sangat sulit apabila diterapkan ke
media mesin ketik. Dampaknya, hampir tidak ada perubahan yang berarti perihal
efisiensi produksi di Cina sebagaimana perkembangan yang terjadi di Eropa.
Lalu pada awal tahun 1950an, di Eropa telah berkembang
budaya sehingga membutuhkan produksi dokumen tulisan cepat dan murah. Pada saat
itu Johannes Guternberg seorang usahawan asal Jerman telah berhasil
mengembangkan Teknologi Mesin Cetak secara Revolusioner sangat berbeda dengan
mesin cetak konvensional dari Cina sehingga penemuan ini sangat membantu
produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari
ledakan informasi pada kebangkitan Eropa. Temuan Guternberg juga tela mendukung
ilustrasi di Jerman untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak
huruf atau Tipografi dan sudah banyak seniman dengan karya besarnya seperti
seniman Lucas Cranach dengan karya "Where of Babilon"
·
Emergence of The Design Industry
Era industri diwujudkan dengan Revolusi Industri yang
dicetuskan dengan penemuan mesin uap oleh James Watt (1780-an). Dengan
ditemukannya mesin uap tersebut, maka timbul prinsip produksi massal, yaitu
adanya:
1. Proses Duplikasi
2. Akurasi / Ketepatan ukuran
3. Spesialisasi
Dengan demikian produktivitas meningkat dengan cepat,
peredaran barang di pasar juga meningkat dengan harga barang yang lebih rendah.
Begitu pula dengan produksi barang cetak. Dimulailah pula era komunikasi massa.
·
Tweenteeth Century Design
Pada awal abad 20 masih terasa pengaruh desain gaya abad ke
19 namun setelah perang dunia I bangkitnya paham sosialisme, muncul banyak
negara maju, terjadi perubahan karya rupa baik fisik, materiil, mental dan
spiritual. Ciri-cirinya adalah : ekspresi pribadi seniman menjadi alasan kuat
pembuatn karya, Banyak penambahan suasana dekoratif pada hasil karya rupanya.
Tokoh yang terkenal antara lain Pablo Picasso, Vincent van
Gigh yang menuangkan lukisannya dengan warna dramatis dan gelisah. Pada abad
ini muncul aliran Fauvisme, Kubisme, Futurisme, Absolutisme. Seni bangunan juga
mengalami perkembangan yang sangat pesat adanya bangunan bertingkat dan mulai
diperhatikan fungsi artistiknya, sehingga tidak hanya menjadi tempat tinggal
manusia tetapi sudah banyak menjadi multi fungsi. Seni patung yang berorientasi
natural dan realis menampilkan bentuk, gerak, ekspresi baru dan mulai mengenal
bentuk abstrak dan primitif yang dikembangan.
Nama “Desain Grafis” pertama kali muncul dicetak dalam esai
1922 “New Jenis Percetakan Panggilan untuk New Design” oleh William Addison
Dwiggins, seorang desainer buku Amerika di awal abad 20. Raffe’s Desain Grafis,
yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang
menggunakan “Desain Grafis” dalam judul. Signage di London Underground adalah
contoh desain klasik dari era modern dan menggunakan font yang dirancang oleh
Edward Johnston pada tahun 1916.
·
Modern Graphic Design Subfield
Subfield pada Desain Grafis Modern meliputi hal-hal berikut
diantaranya adalah:
1. Desain Grafis yang artinya merancang atau membuat suatu
sketsa untuk desain yang ingin kita
buat sehingga bisa menjadi informasi visual pada media cetak untuk
dimengerti oleh publik.
2. Ilustrasi : menampilkan keterampilan gambar tangan yang menjadi
sebuah imajinasi.
3. Fotografi : menampilkan keterampilan gambar dengan
menggunakan kamera.
·
Explanation About
Information Design
Desain Informasi adalah memberikan pemahaman informasi
secara efektif dan efisien dalam bentuk desain grafis sehingga menarik untuk
ekspresi artistik dan sengat berkaitan erat dengan visualisasi data dan desain
informasi ini masih dalam bagian dari program desain grafis itu sendiri. Desain
Informasi tersebut masih menjelaskan tentang desain, menjelaskan fakta dunia dan
mengarahkan pengetahuan terhadap tindakan dari informasi itu sendiri.
Typhography
Tipografi adalah teknik perpaduan teknik dalam seni untuk
menghasilkan suatu tulisan sehingga maksud dari arti tulisan tersebut dapat
dipahami oleh para pembaca secara visual dan dapat diolah tidak hanya jenis
huruf, ukuran huruf, dekorasi semata yang terbatas namun meliputi tata letak
hotizontal dan vertikal tulisan pada sebuah bidang desain.Ilmu tipografi dapat
digunakan pada banyak bidang seperti desain grafis, desain web, majalah, desain
produk dll. Terdapat aspek aspek pada ilmu tipografi diantaranya adalah aspek
ilustrasi, teks, warna dan media.
Web Design Graphic
Istilah desain web digunakan untuk menggambarkan dari suatu
proses desain yang berkaitan dengan desain web itu sendiri dan tentu saja
client side yang digunakan desain wed dalam menulis mark up dan sangat luas
pengembangan nya dalam rekayasa luang lingkup yang lebih luas. Desain web juga
meliputi keterampilan yang berbeda dan sangat disiplin dalam produksi dan pemeliharaan
web.
Daerah yang berbeda dari desain web termasuk desain grafis
web; desain antarmuka; authoring, termasuk kode standar dan perangkat lunak
berpemilik; desain pengalaman pengguna; dan optimasi mesin pencari. Seringkali
banyak orang akan bekerja dalam tim yang meliputi berbagai aspek dari proses
desain, meskipun beberapa desainer akan menutupi mereka semua.
Instructional Design
Desain Instruksional adalah komponen-komponen yang akan
menciptakan proses pengalaman yang membuat perolehan pengetahuan dan
keterampilan menjadi efisien dan efektif serta menarik. Di dalam desain
instruksional tersebut terdapat paket pembelajaran, kegiatan mengajar, uji
coba, revisi dan kegiatan evaluasi hasil belajar. Tujuan dari desainer dalam
membuat instruksional desain adalah utnuk menghasilkan suatu model atau
representasi dari desain atau blueprint yang akan dibangun. Pendekatan dari
desain tersebut dapat mencakup beberapa bidang garapan contohnya desain pada
sistem kurikulum, pembelajaran, implementasi dll.
Marketing Design
Desain marketing adalah suatu gambaran atau strategi dalam
memasarkan suatu produk atau memberikan suatu informasi barang serta juga jasa
dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat.
Digital Ilustration
Ilustrasi digital adalah sebuah gambaran atau sketsa yang
dibuat dengan menggunakan alat digital sehingga menghasilkan desain gambar yang
diinginkan dan dengan menggunakan perangkat bantuan seperti mouse atau tablet.
Dalam hal ini perangkat lunak atau software yang digunakan antara lain coreldraw,
photoshop, blender dll. Hal ini juga berbeda dari manipulasi digital dari foto,
dalam hal ini adalah konstruksi asli "dari awal".
·
The Influence of Graphic Design in
Our World
Movies
Pada zaman sekarang ini sudah banyak pengaruh desain grafis dalam
membuat film seperti teknologi dalam pembuatan efek 3D dimana 3 titik
perspektif matematis dalam melihat suatu objek yang akan kita buat sehingga
kita akan melihat gambar tersebut seperti nyata atau hidup. Untuk
perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak
bergantung pada aloritma-algoritma. Obyek 3-D adalah sekumpulan titik-titik 3-D
(x,y,z) yang membentuk luasan-luasan (face) yang digabungkan menjadi satu
kesatuan. Face adalah gabungan titik-titik yang membentuk luasan tertentu atau
sering dinamakan dengan sisi. Para peneliti maupun praktisi industri
menggunakan grafik tiga dimensi untuk menvisualisasikan data yang ada sehingga
lebih mudah untuk dianalisa. Selain untuk visualisasi data, grafik tiga dimensi
juga banyak digunakan untuk efek film, simulasi, dan game.
·
Graphic Design Interm of Modeling
Human Computer Interaction
Sebuah desain grafis dimana pengguna membuatnya dengan
berinteraksi dengan komputer lalu menghasilkan model yang kita inginkan.
Interaksi manusia-komputer (HCI) melibatkan studi, perencanaan, desain dan
penggunaan antarmuka antara orang-orang (pengguna) dan komputer. Hal ini sering
dianggap sebagai persimpangan ilmu komputer, ilmu perilaku, desain, studi
media, dan beberapa bidang studi lainnya dan disiplin ilmu yang menekankan pada
aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk
kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia
itu sendiri atau Suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan
kerjanya.
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi
dalam Membuat Design Pemodelan Grafis
Ada sebuah pengaruh terhadap kebudayaan dan juga teknologi
dari suatu desain pemodelan grafis. Budaya yang digunakan sebagai sumber
pemikirnan utnuk mengembangkan suatu desain grafis. Banyak budaya kita yang
menarik digunakan sebagai desain grafis, sebagai contohnya adalah kerajinan
kain daerah, keramik dan masih banyak lainnya.
Berikut kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
1.
Pemodelan geometris yaitu menciptakan model
matematika dari objek- objek 2D dan 3D.
2.
Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih
solid dari model yang telah dibentuk.
3.
Animasi yaitu menetapkan/menampilkan kembali
tingkah laku/behavior objek bergantung waktu.
4.
Kerangka Grafik Komputer.
5.
Graphic library/package (contoh:Open GL) adalah
perantara aplikasi dan display hardware(Graphic System).
6.
Application program memetakan objek aplikasi ke
tampilan/citra dengan memanggil graphics
7.
Hasil dari interaksi user
menghasilkan/modifikasi citra.
8.
Citra merupakan hasilakhir dari sintesa, desain,
manufaktur, visualisasi dll.
9.
Bidang- bidang studi yang berkaitan dengan
desain pemodelan grafis
Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain
sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari
sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik
Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat
lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik
elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem
interaksi mausia-komputer.
Psikologi
Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan
pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol
motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan
yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia.
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal
untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem
manusia-komputer.
Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari
pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang
menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik
komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara
manusia dan mesin.
Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan
dari berbagai jenis bahasa, apakah
bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal,
berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah
pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa
teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam
spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi
matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara
ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi
dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi
dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh
teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan
pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan
sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan
lain-lain.
Desain Grafis dan Tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah
peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai
pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini
belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan
grafik yang diunggulkan.
Manfaat
Desain Pemodelan Grafik dalam berbagai Bidang
Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point
ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa
lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori
saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh
manusia,dan sebagainya.
Bidang Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di
Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV
dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik
komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat
berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk
mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan
software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah
dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tingkat
kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
Bidang Budaya
Dengan membuat desain dimedia komputer, kita dapat langsung
men-share hasil karya kita keseluruh dunia melewati internet pastinya, jadi
seluruh budaya bangsa ini bisa dapat dikenal dengan mudah oleh dunia. Cukup
mudah untuk memperkenalkan suatu budaya negara ke dunia, kita tinggal membuat
desainnya dikomputer menggunakan software model grafik, hasilnya selesai
langsung dishare melalui internet.
Bidang Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan
teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang
diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat
secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain.
Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
https://grunge2you.wordpress.com/2012/11/29/pengaruh-teknologi-terhadap-perkembangan-grafis-dan-permodelan-yang-ada-serta-pengaruh-grafis-terhadap-perubahan-teknologi/
http://nurulayurahmawati.blogspot.com/2012/10/manfaat-desain-grafis.html
https://dwimuri.wordpress.com/2014/11/05/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam-membuat-design-pemodelan-grafis/
http://sayamanusia-kukubima.blogspot.com/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html
http://yulizarnugraha.blogspot.com/2011/11/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam.html
http://radityacracker.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafis-dari-segi.html
0 komentar:
Posting Komentar