Senin, 03 Oktober 2016

Desain Permodelan Grafik


Judul               : Aplikasi Desain Pemodelan Grafik
Nama              : Agus Cahyono
NPM               : 50414497
Kelas               : 3IA21
Mata Kuliah   : Desain Pemodelan Grafik

Nama Dosen   : Syefani Rahma Deski

Desain Pemodelan Grafik

Sebelum mengetahui apa itu pengertian dari Desain Pemodelan Grafik, pertama kita harus tau makna atau arti dalam setiap katanya. Desain itu adalah sebuah seni, rancangan atau kreatifitas. Pemodelan adalah rancangan dari pola yang akan dibuat. Sedangkan grafis adalah Perwujutan dalam bentuk gambar, tulisan ataupun simbol. Setelah mengetahui tiap arti katanya, kita bisa menarik kesimpulan bahwa Desain Pemodelan Grafik adalah penciptaan untuk membuat suatu objek dengan beberapa tahapan.


Sejarah Desain Pemodelan Grafik

Awal mulanya desain grafik ditelusuri dari jejak peninggalan manusia, yang berwujud tulisan, gambar, coretan dinding dan lain-lainnya.

Pada tahun 1447, Johannes Guterberg (1398-1468) menemukan sebuah mesin cetak yang digerakkan dengan model tekanan menyerupai desain untuk menghasilkan anggur. Ini merupakan pengmbangan revolusioner yang dapat menghasilkan buku dengan biaya yang rendah. Kemudian pada tahun 1450 Guterberg bekerja sama dengan pedagang dan pemodal bernama Johannes Fust dan dibantu oleh Peter Schoffer untuk mencetak Latin Bible atau biasa disebut Guterberg Bible, Mararin Bible, 42 Line Bible yang diselesaikan pada tahun 1456.

Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik lithografi. Teknik ini menggunakan teknik dasar yang memanfaatkan sifat antara air dan minyak yang saling tolak menolak. Teknik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran dengan lebih leluasa dengan menggunakan blok-blok yang lebih besar. Sehingga pada masa ini perkembangan seni poster melaju pesat.

Adapun tokoh-tokoh seni poster teknik lithografi adalah :
1.     Jules Cheret (1898)
2.     La Loie Fuller (1897)
3.     Quinquina Dubonnet (1896)
4.     Enu des Sineres (1899)
5.     Henri de Toulouse Lautrec
6.     Eugene Grasset

Desain grafis melaju pesat saat ditemukannya tulisan dan mesin cetak. Pada saat ini mesin cetak dan komputer dapat mempercepat pengembangan seni desain grafis. Sehingga seni grafis dapat deterapkan dalam periklanan Packaging perfilman, dan lain-lain. Adapun beberapa contoh hasil dari desain grafis yaitu koran, majalah, website, animasi dan masih banyak yang lainnya.



Manusia sudah membuat gambar dimana dengan menggunakan gambar tersebut ada sebuah informasi yang ingin disampaikan dari gambar yang sangat besar dan panjang namun memiliki informasi atau arti yang tidak sebanding dengan besarnya dan panjangnya gambar yang di ciptakan sampai gambar yang sangat kecil namun memiliki arti yang sangat penuh makna. Sejarah desain grafik sendiri memiliki banyak tahapan diantaranya :

1398-1468 : Penemuan teknologi mesin cetak tahun 1447, menyerupai desain Rhineland(Jerman) untuk menghasilkan anggur. merupakan penemuan revolusioner untuk memproduksi buku secara massal dan low cost.

1851 : The Great Exhibition - Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851,pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain, dalam bangunan yang disebut dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.

1892 : Aristide Bruant, Toulouse-LautrecPelukis post-Impressionist dan ilustrator art nouveau Prancis, Henri Toulouse-Lautrec melukiskan banyak sisi Paris pada abad ke sembilan belas dalam poster dan lukisan yang menyatakan sebuah simpati terhadap ras manusia

1910 : Modernisme - Symbol terkuat dari kejayan modernisme adalah mesin yang juga diartikan sebagai masa depan bagi para pengikutnya. Desain tanpa dekorasi lebih cocok dengan ´bahasa mesin´, sehingga karya-karya tradisi yang bersifat ornamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan ´estetika mesin´.

1916 : De Stijl - De Stijl adalah suatu seni dan pergerakan disain yang dikembangkan sebuah majalah dari nama yang sama ditemukan oleh Theo Van Doesburg. De Stijl menggunakan bentuk segi- empat kuat, menggunakan warna-warna dasar dan menggunakan komposisi asimetris

1918 : Constructivism - Suatu pergerakan seni modern yang dimulai di Moscow pada tahun 1920, yang ditandai oleh penggunaan metoda industri untuk menciptakan object geometris. Constructivism Rusia berpengaruh pada pandangan moderen melalui penggunaan huruf sans- serif berwarna merah dan hitam diatur dalam blok asimetris.

1951 : Helvetica - Diciptakan oleh Max Miedinger seorang perancang dari Swiss, Helvetica adalah salah satu tipe huruf yang paling populer dan terkenal di dunia. Berpenampilan bersih, tanpa garis-garis tak masuk akal berdasarkan pada huruf Akzidenz-Grotesk. Pada awalnya disebut Hass Grostesk, nama tersebut diubah menjadi Helvetica pada tahun 1960. Helvetica keluarga mempunyai 34 model ketebalan dan Neue Helvetica mempunyai 51 model.

1984 : Émigré - Majalah disain grafis Amerika, Émigré adalah publikasi pertama untuk menggunakan komputer Macintosh, dan mempengaruhi perancang grafis untuk beralih ke desktop publishing ( DTP). Majalah ini juga bertindak sebagai suatu forum untuk eksperimen tipografi.

1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai
nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).

1995 : Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang
pertama

Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu
pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path
tracing, photon maps, dll.

Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic
rendering.


Prinsip dan Unsur Desain


Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.


Peralatan Desain Pemodelan Grafik


Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.

Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.

Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.

Desain 2D & 3D


Grafik komputer 2D

Pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.

Grafik komputer 3D

Suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.


Software Pendukung Desain Grafik


· Desktop publishing
· Adobe Photoshop
· Adobe Illustrator
· Adobe Indesign
· Page Maker
· Coreldraw
· GIMP
· Inkscape
· Adobe Freehand
· Adobe image ready
· CorelDraw
· Webdesign
· Macromedia Dreamweaver
· Microsoft Frontpage
· Notepad
· Adobe Photoshop
· Audiovisual
· Adobe After Effect
· Adobe Premie
· Final Cut
· Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
· Ulead Video Studio
· Magic Movie Edit Pro

Prinsip Desain Pemodelan Grafik

1.           Kesederhanaan
Untuk memberikan kemudahan bagi pembaca unutk memahami isi yang telah dipesankan melalui desain yang ada.
2.           Keseimbangan
Keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan sehinggan menimbulkan kesan seimbang secara visual.
3.           Kesatuan
Dapat meberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang telah disampaikan.
4.           Irama
Irama merupakan pengulang unsur-unsur dari pendukung karya seni.
5.           Proporsi
Merupakan sebuah prinsip untuk mengatur tata letak dari karya seni.


Jenis Grafis

Gambar Vektor 
Gambar vektor merupakan gambar yang terbentuk bukan dari kumpulan titik melainkan terbentuk dari sejumlah garis dan kurva. Karena gambar jenis vektor ini bukan terdiri dari titik, maka apabila tampilan gambar ini diperbesar tetap tidak akan kehilangan detailnya sehingga kualitas gambarnya tetap baik. Contoh gambar ini adalah teks dan logo. Perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengolah gambar jenis
vektor ini adalah CorelDRAW, Freehand.
Monitor biasanya akan menampilkan gambar dalam bentuk piksel, maka semua gambar baik jenis vector maupun bitmap akan ditampilkan dalam bentuk piksel. Gambar ini mengandung unsur matematis seperti arah, ukuran sudut, ketebalan, warna, dan lain sebagainya.

Gambar Bitmap
Tampilan bitmap sering disebut dengan gambar raster yaitu tampilan gambar yang terdiri dari titik-titik atau piksel. Masing-masing piksel ini mempunyai lokasi serta warna tersendiri yang secara keseluruhan membentuk sebuah tampilan gambar pada saat gambar diperbesar. Kehalusan tampilan gambar ini sangat tergantung kepada resolusi serta titik atau piksel yang membentuk gambar tersebut.
Apabila gambar ini diperbesar maka ini kelihatan kotak-kotak, semakin besar tampilan gambar maka semakin besar pula kotak-kotak tersebut, yang sebetulnya merupakan tampilan piksel yang diperbesar. Contoh gambar bitmap antara lain photo, gambar-gambar hasil scanner serta gambar yang dihasilkan dari software grafis seperti Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT.
Kelemahan dari gambar jenis bitmap adalah gambar akan menjadi pecah dan terlihat “kotak-kotak” (jagged) apabila gambar tersebut diperbesar atau dicetak menggunakan resolusi yang lebih kecil daripada nilai resolusi aslinya. Format bitmap ini memerlukan ruang penyimpanan data yang lebih besar dibandingkan dengan format vektor.

Perbandingan Gambar-Gambar Berbasis Vektor dan Bitmap

·         Berbasis Vektor
1.        Gambar tetap jelas ketika di perbesar
2.        Tersusun dari garis dan kurva, Path terdiri dari garis (line segment) dan beberapa titik (node) atau disebut dengan anchor point
3.        Gradasi warna harus dianalisis dulu oleh para desainer grafis
4.        Kualitas grafik tidak tergantung dari banyaknya pixel
5.        Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
6.         Sifatnya resolution independent
7.         Ukuran penyimpanan relatif kecil
8.        Program yang digunakan adalah Coreldraw, Adobe ilustrator, Macromedia Freehand
9.        Nyaman dipakai untuk melayout halaman (teknik publishing), membuat font, dan ilustrasi.

·         Berbasis Bitmap
1.        Gambar kurang jelas jika diperbesar
2.        Terdiri atas titik (piksel), beragam warna, piksel tersebar dalam pola grid
3.        Gradasi warna lebih luwes dan nyata
4.        Mampu menyimpan gambar antar-format, yaitu JPEG, BMP,GIF, TIFF, dan PNG
5.        Ukuran file yang dihasilkan besar
6.        Kualitas grafis tergantung dari banyaknya pixel
7.        Disusun oleh objek yang disebut pixel
8.        Sifat resolusinya dependent atau dipengaruhi resolusi
9.        Ukuran penyimpanan relatif besar

Sumber :

http://bagusbayubaskara.blogspot.co.id/2012/10/perbedaan-grafik-berbasis-vektor-dan.html

Related Posts:

  • Review Virtual Reality Judul    : Review Virtual Reality Nama   : Agus Cahyono NPM    : 50414497 Kelas   : 3IA21 Matkul : Desain Pemodelan Grafik Dosen  : Syefani Rahma Deski Penge… Read More
  • Pengaruh Terhadap Perkembangan Grafis Pengaruh Terhadap Perkembangan Grafis Nama : Agus Cahyono NPM : 50414497 Kelas : 3IA21 Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik Nama Dosen : Syefani Rahma Deski Tugas ke : 2 Design grafis adalah suatu bentuk komuni… Read More
  • Perkembangan Desain Grafis yang Sampai Sekarang Digunakan Judul    : Perkembangan Desain Grafis yang Sampai Sekarang Digunakan Nama   : Agus Cahyono NPM    : 50414497 Kelas    : 3IA21 Matkul : Desain Pemodelan Grafik Dosen … Read More
  • Desain Komunikasi Visual Judul    : Desain Komunikasi Visual Nama   : Agus Cahyono NPM    : 50414497 Kelas   : 3IA21 Matkul : Desain Pemodelan Grafik Dosen  : Syefani Rahma Deski Pengertian Desa… Read More
  • Pemodelan Grafis untuk Game v\:* {behavior:url(#default#VML);} o\:* {behavior:url(#default#VML);} w\:* {behavior:url(#default#VML);} .shape {behavior:url(#default#VML);} Normal 0 false false false false EN-US X… Read More

0 komentar:

Posting Komentar